13 Pentingnya Vitamin Dan Suplemen Untuk Ibu Hamil

13 Pentingnya Vitamin Dan Suplemen Untuk Ibu Hamil : Kunetizen.com - Kehamilan dini adalah waktu yang sangat penting bagi ibu dan calon bayi. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui apa saja tanda-tanda awal kehamilan untuk mempersiapkan diri untuk memberikan yang terbaik bagi calon bayi.

Wanita hamil membutuhkan nutrisi untuk mendukung kesehatan dan perkembangan janin mereka. 

Agar bayi dalam kandungan selalu sehat dan perkembangan maksimal ibu hamil perlu memenuhi beberapa vitamin dan mineral. Berikut adalah 13 suplemen dan vitamin penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga diri dan bayinya tetap sehat.


13 Pentingnya Vitamin Dan Suplemen Untuk Ibu Hamil 

Zat besi
Wanita hamil diketahui sangat rentan terhadap anemia (kekurangan darah). Karena itu, zat besi adalah mineral yang sangat penting untuk dipenuhi oleh ibu hamil jika ingin tetap sehat. Zat besi dibutuhkan untuk mengangkut oksigen dan pembentukan sel darah merah. Zat besi dapat diperoleh dari makanan seperti daging merah, ikan, telur, buah kering, biji-bijian, sereal, roti dan sayuran berdaun hijau. Baca: Makanan Sumber Besi.

Asam lemak omega-3
Asam lemak omega 3 berperan penting dalam perkembangan otak bayi di dalam rahim. Sedangkan untuk ibu sendiri, asam lemak omega-3 bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, omega-3 diyakini dapat meningkatkan kecerdasan anak nantinya. Sumber omega-3 dapat diperoleh dari sarden, makarel dan salmon. Baca: Sumber Makanan Omega-3.

Asam folat
Juga dikenal sebagai vitamin B9, asam folat sangat penting bagi wanita hamil untuk membantu perkembangan janin sehingga dapat mencegah cacat lahir. Wanita hamil membutuhkan 400 mcg - 600 mcg asam folat setiap hari. Sumber makanan yang mengandung asam folat dapat diperoleh dari alpukat, brokoli, jeruk, dan kacang-kacangan.

Vitamin A
Konsumsi vitamin A sangat penting bagi wanita hamil, terutama untuk menjaga stamina dan menghindari kelelahan. Sumber vitamin A dapat diperoleh dari makanan seperti wortel, sayuran hijau dan kuning, minyak ikan, margarin, minyak goreng, kuning telur dan susu. Baca: Sumber Makanan Vitamin A.

Vitamin B1
Vitamin B1 sangat berguna untuk wanita hamil, terutama untuk mengatasi mual di pagi hari. Selain itu, memenuhi kebutuhan vitamin ini dapat membantu pencernaan. Vitamin B1 sangat dianjurkan untuk wanita hamil di trimester terakhir kehamilan untuk mempersiapkan produksi ASI selama menyusui setelah melahirkan.

Vitamin B2
Wanita hamil membutuhkan vitamin B2, terutama pada awal kehamilan. Fungsinya untuk membantu perkembangan embrio pada minggu pertama kehamilan.

Vitamin B3
Wanita hamil sangat membutuhkannya, terutama mereka yang menjalani kehamilan pertama untuk mengurangi mual dan membantu perkembangan otak janin. Sumber vitamin B3 dapat diperoleh dari makanan seperti gandum, hati, sayuran hijau, kacang tanah dan susu.

Vitamin B5

Wanita sangat membutuhkannya selama kehamilan untuk mempertahankan kebutuhan sel darah merah dalam tubuh. Kebutuhan wanita hamil untuk vitamin B5 adalah 5 mg per hari. Makanan yang mengandung vitamin B5 dapat diperoleh dari hati, telur, keju dan kacang tanah.

Vitamin B6
Vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, membantu wanita hamil mencerna lemak menjadi energi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sumber makanan yang mengandung vitamin B6 termasuk gandum, ikan, susu, dan kedelai.

Vitamin B12
Penting bagi wanita hamil untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian mereka. Vitamin ini berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan janin untuk membentuk sel darah merah. Sumber vitamin B12 dapat diperoleh dari makanan seperti telur, susu, rumput laut, dan daging sapi.

Vitamin C
Vitamin C dibutuhkan terutama oleh ibu hamil untuk membantu penyerapan zat besi. Vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan seperti jeruk, buah kiwi, jambu biji dan pepaya.

Vitamin D
Memenuhi kebutuhan vitamin D sangat penting bagi wanita hamil, terutama untuk mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi) dan diabetes. Kebutuhan akan vitamin D dapat diperoleh secara gratis, yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Ini juga dapat diperoleh dari makanan seperti minyak ikan cod, jamur, kedelai, tuna dan susu.

Vitamin E
Vitamin sangat penting terutama untuk kesehatan kulit ibu hamil yang mengalami peregangan selama kehamilan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin E termasuk alpukat, bayam, kacang-kacangan dan minyak zaitun.

Vitamin K

Vitamin ini juga dikenal sebagai koagulasi. Fungsinya untuk mencegah perdarahan pada bayi dan menjaga kepadatan tulang pada ibu hamil. Sumber vitamin K yang sangat berlimpah, terutama pada sayuran dan buah-buahan hijau.