Inilah Manfaat Daun Pepaya, Biji, Bunga dan Akar Pohon Pepaya

Kunetizen.com - Pepaya memiliki nama Latin Carica papaya L dan milik keluarga Caricaceae. Buah ini digunakan untuk dikonsumsi karena sifatnya yang manis dan menyegarkan. Selain mengandung banyak air, buah pepaya juga kaya akan vitamin C. Bagian muda dari bunga dan daun pepaya juga sering digunakan sebagai teman dan makan nasi dan sambal.

Selain dikonsumsi, beberapa bagian pohon pepaya juga digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Hampir semua bagian pohon pepaya dapat digunakan sebagai obat seperti daun, bunga, biji, akar, getah, dan kulit pepaya.

Dalam pepaya tanaman terkandung enzim papain yang berfungsi untuk memperlancar pencernaan. Selain kandungan enzim papain, pepaya juga mengandung sifat antiseptik di mana bahan ini berfungsi untuk mencegah perkembangbiakan bakteri jahat yang hidup di usus kita. Tidak mengherankan, pepaya akan menjadi buah yang paling direkomendasikan untuk mengobati masalah pencernaan.


Inilah Manfaat Daun Pepaya, Biji, Bunga dan Akar Pohon Pepaya


Beberapa senyawa yang dikenal ditemukan dalam daun pepaya termasuk Enzim papain, karpaina alkaloid, pseudo-karpaina, glikosida, karposid, sakarosa, dekstrosa, levulosa. Alkaloid karbonat memiliki efek seperti digitalis. Sedangkan buahnya mengandung ß-karoten, pektin, d-galaktosa, 1-arabinosa, papain, papayotimin papain, phytokinase.

Manfaat dan Khasiat Daun Pepaya

1. Lembutkan Daging
Jika Anda ingin memasak daging, Anda harus menggunakan daun pepaya, dagingnya menjadi lunak dan lezat saat dikunyah. Caranya adalah dengan menghancurkan daun pepaya basah dan mencampurkannya ke dalam daging yang diiris, tetapi tidak terlalu banyak karena rasa pahit daun pepaya dapat membuat daging tidak enak untuk dimakan.

2. Meningkatkan nafsu makan
Tidak sulit untuk membuat ramuan penambah nafsu makan ini, menyiapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan setengah cangkir air hangat. Semua bahan dicampur, dihancurkan atau dicampur, kemudian disaring untuk mengambil air dan kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak.

3. Mencegah kanker
Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pepaya banyak mengandung getah putih seperti susu (white milk latex), yang kemungkinan akan dikembangkan sebagai antikanker, seperti dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini diperoleh secara otomatis ketika kita mengkonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.

4. Menghilangkan jerawat
Ternyata daun pepaya juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Caranya, ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Keringkan sebentar lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan setengah sendok teh air. Kemudian oleskan campuran tersebut ke bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, lalu bilas sampai bersih.

5. Kontrol tekanan darah
Caranya, ambil lima lembar daun pepaya, rebus dengan satu liter air. Terus mendidih tiga perempat. Dinginkan sebelum minum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu untuk membuatnya terasa lebih manis.

6. Obati nyeri haid
Bagi Anda wanita yang mengalami rasa sakit saat menstruasi, Anda harus mencoba resep tradisional dari daun pepaya, cara mengambil 1 daun pepaya, asam dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air untuk memasak. Dinginkan sebelum minum.

7. Obati demam berdarah
Untuk pasien dengan demam berdarah, atau yang mengalami gejala demam berdarah sangat disarankan untuk mengkonsumsi daun pepaya. Karena daun pepaya mengandung bahan yang bisa mengobati atau menetralisir gejala demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk.

Caranya, campur lima lembar daun pepaya, jahe, secukupnya, dan gula merah. Rebus sampai matang, lalu dinginkan sebelum diminum.

8. Meningkatkan pencernaan
Makan daun pepaya rebus baik dimakan dengan atau tanpa makanan pendamping lainnya dapat membantu memperlancar pencernaan. Ini karena daun pepaya mengandung karpain, sejenis bahan kimia yang dapat membunuh mikroorganisme jahat yang mengganggu pencernaan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda harus rutin makan daun pepaya rebus setiap hari selama beberapa hari.
Manfaat Bibit Buah Pepaya
Bibit pepaya tidak bisa diremehkan manfaatnya, selain bisa dijadikan bibit untuk ditanam lagi, bisa juga digunakan sebagai obat yang sangat bergizi.

1. Biji pepeya sebagai antibakteri
Penelitian telah dilakukan dan menemukan bahwa biji pepaya efektif dalam memberantas infeksi E. coli, Salmonella, dan Staph.

2. Melindungi ginjal
Penelitian telah menemukan bahwa ekstrak biji pepaya dapat melindungi ginjal dari gagal ginjal akibat racun.

3. Menghilangkan Parasit di Usus
Ada bukti bahwa biji pepaya membasmi parasit usus. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada anak-anak Nigeria dengan parasit usus, 76,7% anak-anak bebas dari parasit setelah tujuh hari perawatan dengan biji pepaya dibandingkan dengan hanya 16,7% anak-anak yang menerima plasebo.

4. Menetralisir Racun di hati
Dalam pengobatan di China diyakini bahwa satu sendok teh biji pepaya dapat membantu mendetoksifikasi hati. Biji pepaya juga sering direkomendasikan oleh dokter secara alami dalam pengobatan sirosis hati.

5. Mengobati cacingan
Penyakit memalukan ini juga sangat baik diberantas dengan biji pepaya, bahkan sangat efektif katanya.

Peringatan: Bagi yang sedang hamil, jangan pernah mengonsumsi biji pepaya sebagai obat karena akan meningkatkan risiko keguguran.

Manfaat Bunga Pohon Pepaya
Sebenarnya manfaat bunga pepaya sama dengan daunnya, tapi yah masih ada bedanya, hanya saja saya belum menemukan jawabannya, jadi saya hanya memberi Anda resep untuk menumis bunga pepaya terlebih dahulu. Metode ini sama dengan menumis sayuran pada umumnya, harap perhatikan bahan-bahannya:

250 g bunga pepaya, bersihkan
2 sendok makan minyak sayur
5 siung bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
1 batang daun bawang, potong 3 cm
2 cabai merah, iris tipis
2 cabai hijau, iris tipis
4 buah cabai merah, iris iris
1 lembar daun pandan muda, iris kasar
50 g nasi goreng ikan teri
1 jagung manis, kolor biji
30 daun kemangi
1/2 sdt bubuk lada
1 sdt garam (Manfaat Pepaya: Daun, Bunga, Biji, Akar, Gusi, dan Kulit Pepaya)

Manfaat Akar Pepaya
Bagian akar pohon pepaya juga memiliki sifat yang tidak kecil untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat akar pepaya yang perlu Anda ketahui:

1. Kesehatan Ginjal
Apa yang diketahui secara luas dari manfaat akar pepaya adalah kegunaannya sebagai obat untuk penyakit ginjal, baik yang telah terkena maupun untuk menghindari penyakit ginjal. Caranya, rebus 3 lembar akar pepaya dengan 1 liter air kemudian campur dengan madu untuk meminumnya.

2. Mengobati cacingan
Selain itu, seperti manfaat biji pepaya di atas, akar pepaya juga baik untuk mengobati cacing. Caranya adalah dengan mengambil satu jari akar pepaya dan satu siung bawang putih, lalu rebus dalam 100 ml air. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan dan minum 2 kali sehari.

3. Mengatasi gangguan saluran kemih
Caranya adalah dengan mengambil 3 lembar akar pepaya, rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, lalu saring. Minumlah ½ gelas, sehari sekali.

4. Untuk mengobati rematik
Campurkan 30 gram akar pepaya, 20 gram daun jeruk nipis, 15 gram sambiloto segar, 20 gram daun ketepeng Cina, 30 gram daun sirih segar, dan 5 buah cabai. Rendam campuran dalam alkohol 75% selama 7 hari, lalu peras dan saring. Gunakan air untuk menggosok dan memijat bagian yang sakit. Lakukan 2-3 kali sehari.

Hmmh, luar biasa manfaatnya dari pepaya. Selain buah yang manis dan segar, bagian lain dari pohon pepaya dapat digunakan sebagai obat. Jadi, tanam pohon pepaya di dekat rumah Anda agar Anda juga bisa merasakan manfaatnya.