Kanker Serviks dan Pencegahannya

Kanker Serviks dan Pencegahannya : Kunetizen.com - Info Kesehatan berbicara tentang kanker serviks. Kanker serviks adalah kanker yang terjadi di serviks, yaitu area organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke rahim. terletak di antara rahim (uterus) dengan lubang vagina seorang wanita (vagina).

Mirip dengan kutil kelamin, kanker ini 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV), yang menyerang leher rahim. Dimulai dengan leher rahim, kanker ini dapat menyerang organ-organ lain dari tubuh pasien ketika telah memasuki fase lanjut. 
Selain disebabkan oleh virus HPV, sel-sel abnormal di serviks juga dapat berkembang karena kontaminasi radioaktif atau kimia yang terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Gejala pertama kanker serviks tidak mudah diamati. Itu sebabnya kami sangat menyarankan agar mereka yang sudah aktif secara seksual harus memiliki Pap smear setiap dua tahun. Gejala fisik penyakit ini biasanya hanya dirasakan oleh penderita kanker lanjut, gejalanya adalah sebagai berikut:

Kanker Serviks dan Pencegahannya

Munculnya rasa sakit dan perdarahan saat berhubungan seksual (kontak perdarahan)
Keputihan yang berlebihan dan abnormal
Pendarahan di luar siklus menstruasi
Penurunan berat badan yang drastis
Jika kanker telah menyebar ke panggul, pasien akan menderita sakit punggung serta hambatan untuk buang air kecil dan pembesaran ginjal.

Cara untuk mencegah kanker serviks adalah:

Jangan berhubungan seks dengan pasangan yang terus berubah
Rajin melakukan Pap smear setiap dua tahun untuk orang-orang yang sudah aktif secara seksual
Lakukan vaksin HPV untuk mereka yang belum pernah melakukan hubungan seksual
Pertahankan tubuh yang sehat

Bagi Anda yang menginginkan informasi tentang mulas Anda bisa dapatkan di blog ini. Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat bagi semua.