Kutil Kelamin dan Mengobatinya

Kunetizen.com : Benjolan pada organ seks bisa berupa kutil, kutil dapat tumbuh pada semua jenis kulit. Hanya saja orang yang cenderung mendapatkan kutil relatif muda. Banyak jenis penyakit kulit. Perlu waspada dan hati-hati untuk menjaga kulit agar tidak terinfeksi peradangan atau penyakit lain seperti kutil. Kutil yang sering diremehkan oleh beberapa orang dapat memiliki dampak yang berbahaya. Kutil adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh Virus Papilloma (HPV). Virus HPV sering ditemukan pada genital warts (condilomas), yang menyerang organ genital melalui kontak intim. Genital warts ditandai benjolan di organ intim.

Kutil ini dapat tumbuh dan berkembang di kulit, di mulut, di genital atau alat kelamin dan di daerah anal. Jenis HPV yang umum cenderung menyebabkan kutil pada kulit seperti tangan dan jari, jenis virus HPV lainnya cenderung menyebabkan kutil pada daerah genital dan dubur atau dubur. beberapa orang secara alami kebal terhadap virus HPV dan tidak menderita kutil.

Benjolan mudah diatasi jika diketahui dini dan segera diobati. Jika tidak segera diobati, kutil akan berkembang menjadi sisir ayam dan bahkan bisa menjadi ganas. Ada lebih dari 1.000 jenis virus HPV.

Kutil Kelamin dan Mengobatinya

Kutil pada alat kelamin sangat menular, dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak oral atau oral, melalui vagina atau hubungan intim. Jadi, penting untuk tidak berhubungan seks dengan pasangan yang memiliki kutil di daerah genital. Atau lakukan hubungan intim dengan mengenakan alat pelindung.

Pada wanita, kutil dapat tumbuh di area serviks, dan bahkan seorang wanita mungkin tidak tahu bahwa ia memiliki kutil di area serviks. Sepertinya kutil adalah masalah sepele, tetapi jika dibiarkan berlanjut, kutil ini akan berlipat ganda dengan cepat. Dia bahkan akan membentuk kuil kutil yang terdiri dari stupa-stupa kecil tetapi tak terhitung jumlahnya.


  • Ada beberapa cara untuk menghilangkan kutil yang tumbuh di kulit. Salah satu cara untuk mengobati kutil adalah dengan menggunakan asam salisil. Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan asam salisilat di tempat-tempat seperti kutil di tangan, kaki atau lutut dengan mengoleskan asam salisilat ke kutil. Untuk mendapatkan hasil yang baik, harus memakainya setiap hari dalam beberapa minggu. Setelah mandi, tepuk-tepuk kulit Anda, lalu keringkan dengan handuk lalu gunakan atau oleskan asam salisil pada kutil.
  • Salisil atau dalam bahasa medis asam salisilat meresap lebih dalam dan akan bekerja lebih baik ketika asam salisilat digunakan pada kulit lembab atau basah. Sebelum mandi pada hari berikutnya, gunakan amplas atau batu apung untuk membersihkan permukaan kutil yang mati. Selain itu, cara lain untuk mengobati kutil adalah dengan menggunakan nitrogen cair (cryotherapy) untuk membekukan kulit. Jika tidak membuahkan hasil, itu dapat dilanjutkan dengan bedah listrik atau operasi beku. Juga diberikan obat-obatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hanya kutil yang disebabkan oleh virus HPV yang cenderung kambuh. Jika faktor pemberat adalah kelainan genetik yang membuat sistem kekebalan tubuh rendah, maka pasien diberikan obat untuk meningkatkan daya tahan seumur hidup. Dengan begitu kutil tidak akan muncul walaupun terinfeksi virus HPV. Tetapi menggunakan bedah elektro (bedah listrik) biasanya tidak dianjurkan karena berisiko tinggi.
Karena itu kita harus berhati-hati dengan penyakit yang biasanya kita anggap remeh, bisa berbahaya bagi kita. Seperti halnya keputihan pada wanita, terkadang wanita sering mengabaikan hal sepele ini.