Manfaat Ciplukan dan khasiat Untuk Kesehatan

Manfaat Ciplukan dan khasiat Untuk Kesehatan : Kunetizen.com akan membahas manfaat dan kemanjuran ciplukan untuk kesehatan. Ketika berbicara tentang ciplukan, saya ingat ketika saya masih kecil. Ketika saya kecil, saya sangat suka ciplukan karena bentuk buah dan rasanya yang manis meski ada sedikit asam asam.

Ok daripada malah curhat, lebih baik sekarang kita kenali dan kita pelajari apa tanaman ciplukan / tanaman juga punya manfaat dan manfaat untuk kesehatan dan pengobatan.

Mengenal tanaman Ciplukan
Ciplukan / cep need atau tanaman yang memiliki nama ilmiah Physalis peruviana adalah tanaman liar yang berupa semak / nada. Pohonnya pendek, tingginya sekitar 1 meter dan bisa hidup hingga satu tahun. Tumbuhan ini tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut. Ciplukan biasanya ditemukan atau tumbuh subur di kebun, pekarangan, ladang, ladang kering, pinggir jalan, tepi hutan dan bagian hutan yang terpapar matahari.


Manfaat Ciplukan dan khasiat Untuk Kesehatan

Secara morfologis, Ciplukan memiliki batang berusuk (= angulata) dengan sisi tajam dan berlubang. Daunnya berbentuk bulat telur memanjang.

Bunga di ketiak, dengan batang yang tegak, keunguan, dan dengan ujung mengangguk. Kelopak berbagi lima, dengan punggungan hijau runcing tiga dan runcing dengan tulang rusuk keunguan. Mahkota seperti lonceng, lima takik dangkal, kuning muda dengan noda kuning gelap dan kecoklatan di leher bagian dalam, tingginya 7-9 mm.

Buah dalam bungkus kelopak menggembung mengambil bentuk telur hijau kekuningan, buah kekuningan matang sedikit asam dan dicintai oleh anak-anak.

Nama lain untuk ciplukan termasuk Ceplihan, cimplukan (Jawa); cecenet, Cecendet (Sunda), Yor-yoran (Madura), Lapinonat (Seram); Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan (Bali), Dedes (Sasak); Leletokan (Minahasa), Morel berry (Inggris)


Konten Kimia Ciplukan

Buah Ciplukan mengandung senyawa kimia, asam sitrat dan fisalin. Selain itu, buah Ciplukan juga mengandung Asam Malat, Alkaloid, Tanin, Cryptoxanthine, Vitamin C dan Gula. Karena kandungan kimianya, pliplukan dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti: Diabetes mellitus, Penyakit Paru, Epilepsi, Bisul;

Manfaat Ciplukan dan khasiat Untuk Kesehatan dan cara menggunakannya

Ciplukan Untuk Mengobati Diabetes Mellitus
Untuk mengobati diabetes mellitus dengan menggunakan cukup ciplukan dengan cara, tanaman ciplukan yang telah berbuah dihilangkan bersama dengan akarnya dan dibersihkan.
Cara membuat campuran: Tanaman ciplukan itu layu / dikeringkan kemudian direbus dalam 3 gelas air hingga mendidih hingga 1 gelas, kemudian disaring
Cara menggunakan: diminum secara teratur 1 kali sehari.

Obati nyeri paru-paru
Caranya adalah dengan mengambil tanaman ciplukan lengkap (akar, batang, daun, bunga dan buah. Kemudian rebus dalam 3-5 gelas air hingga mendidih, lalu dinginkan dan saring.
Cara menggunakan: diminum air rebusan 3 kali sehari 1 gelas.

Ciplukan untuk mengobati Ayan
Untuk mengobati epilepsi dengan ciplukan, sangat mudah memakan 21 buah ciplukan yang dimasak. Lakukan setiap hari. Anda juga bisa minum air rebusan daun ciplukan 3 kali sehari.

Untuk mengobati bisul
Bahan: Ambil satu genggam daun ciplukan
Cara membuat: Daun Ciplukan ditumbuk sampai halus / dihancurkan
Cara menggunakan: Terlampir ke bagian yang terpengaruh.

Mengatasi dan mengurangi gangguan kelenjar getah bening
Untuk mengatasi kelenjar getah bening, cukup rajin minum air rebusan daun ciplukan
Manfaat lain dari Ciplukan adalah untuk mengobati masuk angin, radang tenggorokan, batuk rejan (pertusis) dengan minum air matang dari daun ciplukan.


Nah itulah beberapa manfaat dan kemanjuran dari Ciplukan untuk kesehatan. Semoga dengan kita mengetahui manfaat dan khasiat dari Ciplukan ini kita bisa mengambil kebijaksanaan dan tidak memandang sebelah mata terhadap tanaman atau tanaman liar di sekitar kita. Karena bisa jadi apa yang kita lihat sebelah mata bisa sangat menguntungkan kita