Manfaat Kandungan Nutrisi Pada Udang

Kunetizen.com - Udang adalah salah satu makanan laut paling populer di Indonesia. Dengan wilayah geografis Indonesia, yang sebagian besar merupakan lautan, tidak sulit untuk mendapatkan udang sebagai makanan. Selain dikonsumsi saat dimasak, udang juga diolah menjadi bahan lain seperti terasi atau kerupuk.

Nah, jika orang yang menyukai makanan laut pasti tidak asing dengan udang lezat ini. Tapi tahukah Anda nutrisi dan nutrisi apa yang ditemukan dalam udang. Lalu apa manfaatnya bagi kesehatan? 

Oke, kita bahas bersama, apa kandungan nutrisi dan manfaat udang untuk kesehatan.


Manfaat Kandungan Nutrisi Pada Udang


Konten Nutrisi Udang

Sumber Vitamin
Berbagai vitamin baik jenis yang larut dalam air dan lemak juga sangat tinggi udang sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungan tertinggi berturut-turut sesuai dengan persentase kebutuhan harian (nilai harian) adalah vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niasin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%) ), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lainnya.

Sumber Daya Mineral
Udang juga mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Mineral selenium dalam 100 gram udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan sehari-hari, diikuti oleh fosfor (20%), besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), seng (7%), natrium (6) %), kalium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai mineral penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti yang sudah diketahui, mineral dari makanan laut lebih mudah diserap oleh tubuh daripada dari kacang-kacangan dan sereal.

Kandungan protein udang diklasifikasikan sebagai "protein lengkap" karena kandungan asam amino yang tinggi, profil lengkap, dan kemampuan untuk mudah dicerna oleh sekitar 85-95% protein. 100 gram udang mentah mengandung 20,3 gram protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian 41%.

Asam amino
Profil asam amino udang (per 100 g) yang termasuk dalam kategori berikut adalah asam gulam (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginin (1775 mg), lisin (1768 mg), leusin (1612 mg), glisin (1225 mg), isoleusin (985 mg) dan valin (956 mg). Artinya, udang sangat cocok untuk dikonsumsi mereka yang membutuhkan protein untuk mengembangkan otot mereka.

Kalori rendah
Udang dengan kalori sangat rendah (hanya 106 kalori per 100 gram udang) menjadikannya salah satu diet yang baik. Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh. Seperti makanan laut lainnya, kadar asam lemak sehat pada udang sangat tinggi, yaitu omega-3 dan omega-6, masing-masing 540 mg dan 28 mg per 100 gram udang segar.

Manfaat udang untuk kesehatan

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan makan udang antara lain,


  • 1. Menjaga kesehatan jantung karena kandungan asam lemak esensial akan mengurangi kolesterol jahat dan mencegah pembekuan darah atau aterosklerosis.
  • 2. Memenuhi kebutuhan protein dengan asam amino lengkap yang mudah diserap oleh tubuh. Baik untuk mereka yang ingin menambah massa otot.
  • 3. Sangat cocok untuk menu makanan karena tinggi protein dan rendah kalori.
  • 4. Maksimalkan berbagai fungsi organ vital tubuh karena kandungan vitaminnya.
  • 5. Sebagai antioksidan yang mampu mempertahankan fungsi kekebalan tubuh yang sehat, radikal anti-bebas menyebabkan 50 jenis penyakit degeneratif dan berkontribusi pada produksi antibodi yang kaya akan selenium.
  • 6. Berkontribusi pada berfungsinya lebih dari 70 jenis enzim, hormon, dan proses biosintesis dalam tubuh dengan kandungan sengnya
  • 7. Membantu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan anak-anak dengan vitamin D, B12 dan Omega 3
  • 8. Mencegah tekanan darah rendah (anemia) dan berperan dalam pembentukan sel darah merah karena kandungan zat besi dan sengnya yang tinggi.
  • 9. Menjaga kesehatan mata dengan vitamin A.
  • 10. Menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit pellagra (kulit burik dan bersisik) yang ditandai dengan tingginya tingkat vitamin E (alfa-tokoferol) dan niasin.
  • 11. Menjaga kesehatan tulang, gigi dan persendian dengan kadar vitamin D, kalsium, dan kalium yang tinggi.


Ini sebagian adalah kandungan nutrisi udang dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Namun perlu diingat, meski udang mengandung banyak udang, nutrisi mereka juga bisa menyebabkan alergi. Jadi bagi Anda yang alergi udang, jangan mencoba memakannya.