Mengatasi Penyakit Gondok

Mengatasi Penyakit Gondok


Kunetizen.com - Kali ini gondok, secara umum, penyakit ini menyerang orang dengan kadar yodium sangat rendah, menyebabkan kelenjar melebar. Ada dua jenis gondong, yaitu gondong dan gondong beracun. Goitre umum adalah pembesaran kelenjar tiroid, yang merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di bawah laring (depan leher), sedangkan goitre toksik (hipertiroidisme) adalah goiter biasa yang tidak diobati sedemikian rupa sehingga menjadi racun bagi gondok dengan waktu.

Penyebab gondok
Gondong disebabkan oleh kelainan pada kelenjar tiroid, sehingga tidak dapat mengeluarkan hormon tiroid tergantung pada kebutuhan tubuh. Selain itu gondong juga terjadi karena kurangnya kadar yodium yang menyebabkan gondok bersifat endemik.

Gejala gondongan adalah:
Pembengkakan kelenjar ludah
Mulut tegang dan menyakitkan, terutama saat mengunyah dan menelan makanan
Nafsu makan menurun
Perasaan sering mual dan bahkan muntah berulang kali
Suhu tubuh menjadi tinggi
Rasakan dengungan yang sering di telinga.

Jika Anda telah memasuki kategori goiter toksik di samping gejala di atas, pasien juga akan mengalami keringat dingin, mata bengkak, jantung berdebar, dan masih gelisah.

Bagaimana mencegah gondok
Gondong terjadi akibat defisiensi yodium. Oleh karena itu langkah utama dalam pencegahan penyakit ini adalah mengonsumsi garam yang mengandung iodine tinctura (larutan yodium dalam alkohol).
Makan ganggang yang dicampur dengan makanan dan makan makanan laut (seperti kepiting, kerang, ikan laut, dll) juga seharusnya mencegah gondong.
Hindari makanan yang bisa mengurangi hormon tiroksin, seperti kol, kedelai, kacang tanah, kacang polong, bayam, dan stroberi.

Selain mencegah gondok, kami juga akan memberikan informasi tentang cara mengobati gondok.

Untuk gondok biasa, konsumsilah garam beryodium atau makanan yang mengandung yodium dengan dosis yang tepat.
Jika ukuran gondok adalah penyakit lama dan bentuknya keras, orang dapat mengambil cara bedah atau bedah untuk mengambil ukuran.
Jika gondok adalah zat beracun atau hipertiroid, minum obat-obatan UTP karena obat-obatan ini memblokir hormon tiroid dalam darah dan memengaruhi jantung. Dan konsultasikan dengan dokter intensif tentang penyakit Anda.

Demikian pula untuk gondok ini, semoga bermanfaat bagi semua pembaca.