Sejarah Pramuka Dan Riwayat Hidup Bapak Pramuka Dunia

Kunetizen.com : Berbicara tentang sejarah pramuka tidak dapat dipisahkan dari sosok pendiri gerakan pramuka sedunia bernama Lord Robert Baden Powell dari Gilwell. Ini berkat pengalamannya sebagai pelatih remaja di Inggris. Pelatihan ini kemudian berkembang menjadi gerakan kepanduan.

Biografi Baden Powell, Mr. Scout of the World

Sejarah Pramuka Dan Riwayat Hidup Bapak Pramuka Dunia 

Makalah sejarah pramuka 
Ayah dari pengintai dunia lahir pada 22 Februari 1857 dengan nama Robert Stephenson Smyth. Nama Powell yang melekat padanya kemudian adalah nama ayahnya yang adalah seorang profesor di bidang Geometri di Universitas Oxford.

Tetapi Stephenson kecil harus menerima sesuatu yang memilukan, ayahnya meninggal ketika dia masih kecil. Sejak itu, Stephenson telah memiliki banyak pengalaman menarik dan menyenangkan yang ia dapatkan dari saudaranya.
Setelah mengetahui tentang Sejarah Pramuka, untuk lebih lengkap mari kita pelajari juga tentang Pramuka Dharma

Pengalaman menarik dari Baden Powell yang memengaruhi kegiatan kepanduan termasuk:

Meninggalkan ayahnya sejak kecil, Baden Powell mendapatkan pengembangan karakter dari ibunya.
Mendapat pelatihan dari saudaranya dalam bentuk renang, berlayar, berkemah, olahraga dan sebagainya.
Sifatnya yang cerdas, ceria, lucu, hobi bermain musik, akting, dan sifat-sifat positif lainnya membuat Baden Powell sangat dicintai oleh teman-temannya.
Dikelilingi oleh Boer di kota Mafeking, Afrika Selatan selama 127 hari dan kekurangan makanan.
Pengalaman di India sebagai letnan pembantu Resimen Kavaleri ke-13 dan berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang di puncak gunung, serta keberhasilan melatih panca indera ke Kimball O\'Hara.
Pengalaman mengalahkan Kerajaan Zulu di Afrika dan mengambil kalung manik-manik kayu Raja Dinizulu.

Pengalaman ini ditulis dalam buku \"Aids to Scouting\" yang merupakan panduan bagi prajurit muda Inggris untuk dapat melaksanakan tugas simpatisan dengan baik.

Pada 1910, Baden Powell pensiun dari tentara dengan pangkat Letnan Jenderal. Pada 1912 ia menikahi Ovale St. Clair Soames dan dianugerahi 3 anak. Dia juga menerima gelar Lord oleh King George pada 1929, dan meninggal pada 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.


Sejarah Pramuka

Sejarah pramuka dunia
Pada tahun 1908 Baden Powell menulis sebuah buku tentang prinsip dasar kepanduan \"Kepramukaan untuk Anak Laki-Laki\" yang berarti Kepramukaan untuk Anak Laki-laki. Pada tahun 1912 dengan bantuan seorang saudara perempuan dari Baden Powell bernama Agnes, sebuah pengintai dibentuk untuk wanita sebagai \"Panduan Gadis\".

Pada tahun 1916 sebuah kelompok usia pramuka bersiaga dengan nama CUB (anak serigala) dengan buku \"The Jungle Book\" oleh Rudyard Kipling sebagai panduan untuk kegiatannya. Buku ini menceritakan tentang Mowgli, bocah hutan yang disimpan di hutan oleh ibu serigala.

Pada 1918 Baden Powell membentuk Rover Scout untuk mereka yang berusia 17 tahun. Pada 1922 ia menerbitkan buku Rovering To Success. Buku ini menggambarkan seorang pria muda yang harus mengayuh perahunya ke pantai dengan gembira.
Dia mengundang pengintai dari 27 negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Kepala Kepanduan Dunia. Berikut adalah beberapa tahun implementasi Jambore Dunia:

  • Tahun Implementasi Jambore Tempat Implementasi Jambore
  • 1924 Jamboree II Ermelunden, Copenhagen, Denmark
  • 1929 Taman Panah Jambore III, Birkenhead, Inggris
  • 1933 Jamboree IV Godollo, Budapest, Hongaria
  • 1937 Jamboree V Vogelenzang, Blomendaal, Belanda
  • 1947 Jamboree VI Moisson, Prancis
  • 1951 Jamboree VII Salz Kamergut, Austria
  • 1955 Jambore VIII Sutton Park, Sutton Coldfild, Inggris
  • 1959 Jamboree IX Makiling, Filipina
  • 1963 Jambore X Marathon, Yunani
  • 1967 Jamboree XI Idaho, Amerika Serikat
  • 1971 Jamboree XII Asagiri, Jepang
  • 1975 Jamboree XIII Lillehammer, Norwegia
  • 1979 Jamboree XIV Neishaboor, Iran (dibatalkan)
  • 1983 Jamboree XV Kananaskis, Alberta, Kanada
  • 1987 Jambore XV Coutact Scout Park, Australia
  • 1991 Jamboree XVII Korea Selatan
  • 1995 Jambore XVIII Belanda
  • 1999 Jamboree XIX Chili, Amerika Selatan
  • 2003 Thailand XX Jambore

Pada 1914, Baden Powell menulis instruksi untuk kursus Pramuka dan baru dilaksanakan pada 1919. Dari temannya yang bernama W.F. de Bois Maclarren, ia mendapat sebidang tanah di Chingford yang kemudian digunakan sebagai tempat untuk pendidikan Scoutmaster bernama Gilwell Park.

Pada 1920 Dewan Internasional dibentuk dengan 9 anggota dan Biro Sekretariatnya di London, Inggris. Pada tahun 1958 Biro Kepanduan Dunia dipindahkan dari London ke Ottawa Kanada. Pada 1 Mei 1968, Biro Kepanduan Dunia dipindahkan lagi ke Jenewa, Swiss.

Sejak 1920, 19 Kepala Biro Kepanduan Dunia telah diadakan secara berturut-turut oleh Hebert Martin (Inggris). Kolonel J.S. Nilson (Inggris), Mayor Jenderal D.Cry Spry (Kanada) yang pada tahun 1965 digantikan oleh R.T. Lund, dan pada 1 Mei 1968 digantikan lagi oleh DR. Laszio Nagy sebagai Sekretaris Jenderal. 

Boy Scouting Bureau di seluruh dunia memiliki 5 kantor regional yaitu Kosta Rika, Mesir, Filipina, Swiss, dan Nigeria. Sementara Biro Kepanduan Dunia Wanita bermarkas di London dengan 5 kantor regional di Eropa, Asia Pasifik, Arab, Afrika, dan Amerika Latin.