Top 10 Tempat Wisata Di Kuningan Banyak Di Kunjungi

Top 10 Tempat Wisata Di Kuningan Banyak Di Kunjungi



Top 10 Tempat Wisata Di Kuningan Banyak Di Kunjungi - Kuningan adalah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang kaya akan potensi wisata. Udara yang bersih dan segar, alam yang indah, dan potensi air terjun serta potensi air panas menjadikan kuningan tempat wisata yang sangat direkomendasikan bagi Anda untuk mencari tempat wisata yang masih segar dan alami.
Kabupaten Kuningan memiliki 361 desa yang tersebar di 32 kecamatan. 
Kuningan memiliki tempat wisata yang berkaitan erat dengan perjalanan sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, museum Linggarjati yang dijadikan tempat perjanjian bersejarah, yaitu perjanjian Linggarjati. Tempat ini sudah sangat terkenal,
Adapun tempat-tempat wisata di Kuningan atau Lokasi Danau dan Curug lainnya di Kuningan yang sebenarnya memiliki keindahan luar biasa, masih belum terekspos dengan baik. Oleh karena itu di sini kami akan mencoba menyampaikannya kepada Anda semua tempat wisata di Kuningan yang sangat indah yang kami rangkum dalam artikel Top 10 Tempat Wisata Di Kuningan Banyak Di Kunjungi.

Obyek Wisata Waduk Darma terkenal dengan keindahan dan ceritanya. Tepatnya di desa Kabupaten Jagara-Darma dan di jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis. GPS -7.00799, 108.41316.

1 . Waduk Darma



Waduk Darma menempati area seluas 425 ha, dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan indah dengan udara sejuk dan segar. Mampu menampung air hingga 39.000.000 m3. Objek wisata ini berjarak sekitar 12 km dari kota Kuningan dan 37 km dari kota Cirebon.

Menurut kisah penduduk asli daerah waduk Darma, air yang digunakan untuk mengairi waduk tersebut berasal dari mata air Cihanyir yang berada tepat di tengah Waduk Darma dan dari hulu sungai Cisanggarung.

Situs Wisata Kuningan Di daerah Waduk Darma terdapat tempat pertemuan dan beberapa bangunan villa untuk tempat tinggal sementara. Kapasitas ruang pertemuan sekitar 100 orang, selain itu terdapat juga berbagai fasilitas bermain anak-anak seperti:

  • Kereta Motor
  • Kereta Naga (Minitrain)
  • Kolam Renang Anak
  • Lapangan sepak bola
  • Outbound (Flying Fox)
  • Tahap Serba Guna
  • Tur Kapal



2 . Curug Putri



Curug Putri Palutungan dan dapat dicapai dengan berjalan kaki selama lima menit.
Area air terjun ini tidak terlalu besar, untuk masuk juga tidak dipungut biaya lagi. Dan Anda perlu tahu bahwa di Kuningan tidak ada objek wisata yang mahal.

Bunyi air terjun kerap mengajak pengunjung untuk berenang. Daerah ini sangat menarik bagi remaja. Ada sensasi tersendiri ketika menikmati air terjun dingin yang jatuh langsung dari ketinggian hampir 12 meter.
Setelah itu, jangan lupa mampir ke toko-toko kecil untuk menikmati segelas kopi panas atau mie rebus yang dijual oleh penduduk setempat.

Udara sejuk telah menjadi salah satu alasan wisatawan datang ke Kuningan, untuk itu wisata alam di Kuningan ramai pada akhir pekan. Mereka datang bersama keluarga atau teman.

3 . Talaga Reumis



Talaga Reumis sebenarnya termasuk dalam wilayah Kabupaten Kuningan, tetapi lebih dekat ke Cirebon. Alamnya sejuk, indah dan masih hijau, dan permukaan airnya juga bening. Wisata alam Talaga Remis memiliki luas sekitar 13 hektar.
Sedangkan luas danau adalah 3,25 Ha. Danau Remis menyimpan berbagai jenis flora dan fauna, terdapat sekitar 160 spesies tanaman dan salah satu daya tariknya adalah tanaman langka, yaitu pohon Pisang Hyang.

Di sini juga menawarkan wisata petualangan untuk para penggemar lacak dan off road, pengunjung yang membawa peralatan luar seperti tenda juga dapat melakukan kegiatan perkemahan di dekat Talaga Patchouli. Talaga Nilam sendiri masih berada di daerah Talaga Reumis.
Airnya jernih dan agak kehijauan menyihir pengunjung untuk bermain air. Ada juga batu-batu besar dan cukup menarik untuk difoto. Bagi pasangan yang ingin menikah, wisata alam Reumis talaga juga cocok untuk pre-wedding.

Seperti berbagai wahana air termasuk sepeda air dan perahu motor yang siap mengantar pengunjung berlayar melintasi luasnya danau, gazebo, pos jaga, pondok kerja, papan nama, instalasi air bersih , tempat berlindung, tempat sampah, bangku, toilet dan ruang sholat.


Untuk akomodasi sudah mendukung seperti kolam danau dan taman kerang. Tidak hanya sampai di situs objek wisata Danau Reumis yang menawarkan keindahan lain di sekitarnya, di kawasan Danau Reumis masih ada 8 kolam yang tidak kalah indahnya yang dapat dinikmati pengunjung, yaitu Danau Deuleug dan Danau Tespong, Danau Leat, Danau Leutik, Danau Ayu Salintang, sumur jalatunda, danau buruy dan danau Nilem.


4 . Balong Cigugur



Balong Cigugur / Kolam Cigugur atau masyarakat setempat biasa menyebutnya Balong Keramat Cigugur adalah objek wisata di Kabupaten Kuningan. 
Desa Ragawacana, Distrik Kramatmulya, Desa Sidamulya dan Manis Kidul, Distrik Jalaksana dan di Kabupaten Pasawahan. Oleh masyarakat sekitar ikan ini tidak pernah terganggu apalagi memancing untuk konsumsi.

Di kolam renang Cigugur Anda juga dapat melakukan spa ikan. Spa ikan sekarang sedang meningkat di Indonesia dan dapat ditemukan di mal dengan membayar Rp. 65.000. Namun di Cigugur, kami hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 7.000. Kolam seluas 1 hektar ini akan membuat Anda penasaran.


Ikan yang digunakan untuk spa ikan di sini adalah Nilem Mangut (Osteochilus hasseltii). Ikan Mangut ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan ikan terapeutik lainnya, ikan ini dapat mencapai ukuran sedang sekitar 10 inc, tetapi untuk terapi dapat mulai dari ukuran 2 inc, mulutnya tidak bergigi tetapi mulutnya tertutup lipatan kulit yang lembut, berumbai di bentuk otot elastis dan berguna untuk mengisap benda / makanan atau kulit mati, ikan ini herbivora, mereka pemakan dedaunan, tidak ganas dan bisa bersahabat dengan manusia.


5 . Cibulan



Objek wisata Cibulan memang hanya menyediakan fasilitas renang dan ini adalah sajian utama di objek wisata ini. Ada dua kolam persegi panjang besar, 35x15 meter persegi (2 meter) dan kolam 45x15 meter persegi di samping mereka. Dalam kolam kedua ini dibagi menjadi dua bagian dengan kedalaman masing-masing 60 cm dan 120 cm. Di kolam ini dilengkapi dengan fasilitas lain, yaitu tempat berganti pakaian, kamar mandi, dan kamar mandi untuk bilas.

Dan keunikan dari kolam renang Cibulan ini adalah bahwa di dalam kolam terdapat puluhan ikan yang berwarna hitam keabu-abuan dan disebut sebagai kancra bodas atau oleh penduduk setempat disebut ikan dewa persis sama dengan di kolam suci Cigugur. Ikan jenis Tor douronensis berukuran besar. Ikan ini diselamatkan oleh penduduk di sekitar desa Manis Kidul. Diyakini bahwa ikan ini memiliki ciri-ciri tertentu.

Dikatakan bahwa ikan dewa di kolam Cibulan sebelumnya adalah tentara yang tidak patuh atau tidak setia pada masa pemerintahan Raja Siliwangi. Tentara pembangkang itu kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi untuk menjadi seekor ikan. Dikatakan bahwa ikan ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya belum berkurang atau bertambah.


Jika kolam dikeringkan, ikan ini akan menghilang di suatu tempat, tetapi ketika kolam diisi dengan air, mereka akan kembali lagi ke jumlah semula. Pantang utama di sini adalah tidak mengambil ikan ini. Ada kepercayaan bahwa jika ada yang berani mengganggu ikan, mereka akan mendapat nasib buruk. Sangat misterius, tapi di situlah keunikan kolam bulan.

6 . Curug Sidomba



Curug Sidomba terletak di Obyek Wisata Perkemahan Sidomba di bawah kaki Gunung Ciremai. Asal usul air terjun ini ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 2002 oleh beberapa siswa Sekolah Menengah Islam Terpadu Umar Sjarifudin (ITUS) Kuningan yang sedang hiking di sepanjang sungai di lereng Gunung Ciremai.

Curug Sidomba memiliki ketinggian sekitar 3 m. Sedangkan untuk nama Sidomba sendiri, menurut cerita masyarakat, konon tempat ini dulunya merupakan tempat mandi domba. Selain itu, hutan di sekitar air terjun adalah pangngonan (tempat merumput) domba.

Berjarak 20 km dari kota Cirebon atau 30 menit dari kota Kuningan. Jika dari arah kota Cirebon ke Kuningan dengan mengambil arah ke kanan di tiga rute alternatif, yaitu di Prapatan Bandorasa Wetan, Balai Desa Manis Lor atau Balai Desa Manis Kidul melalui Desa Sembawa dan Desa Peusing.

Bagi mereka yang menggunakan angkitan umum, dari arah kota Cirebon naik bus umum / bus elf ke rute Kuningan, singgah di Desa Manis Lor dan terus naik kendaraan roda dua. Jika dari arah kota Tasikmalaya atau Cikijing naik kendaraan elf / bus menuju Cirebon melalui terminal Cirendang, berhenti di Desa Manis Lor dan lanjutkan dengan transportasi roda dua.

Sesampainya di pintu masuk, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan sejauh 300 m melalui tangga yang disemen dengan pegangan di samping. Kondisi tangga menurun ini cukup terjal.

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap seperti camping ground, fasilitas olahraga, fasilitas bermain dan beberapa gubuk untuk bersantai. Ada juga kolam ikan di bawah air terjun ini. Di kolam ada banyak jenis ikan Golden Kancra dan Kancra Bodas yang dilarang keras untuk dipancing dan diberi makan.

7 . Curug Cilengkrang



Lembah Cilengkrang terletak di desa Pajambon, Kacamatan Karamatmulya, Kabupaten Kuningan, termasuk salah satu daerah wisata alam hutan hujan tropis Ciremai.

Ada tiga lokasi wisata yang menjadi daya tarik utama Lembah Cilengkrang, termasuk lokasi Kopi Gede, yang merupakan kawasan hutan yang cocok untuk mencari kedamaian, karena panorama alamnya yang indah. Lokasi lain adalah Curug Belt dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Jika Anda ingin melihat pelangi, datanglah ke lokasi wisata itu pasti pagi-pagi sekali. Selain Curug Belt, ada juga yang disebut Curug Sawer. Curug yang tingginya sekitar 75 meter berada di hutan lindung.

Oleh karena itu, terutama bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Curug Sawer, mereka harus berada dalam kondisi fisik dan mental yang prima, karena medan yang akan dilalui dianggap berat dan harus menyeberangi sungai. Ada juga sumber air panas alami yang telah dibuat kolam untuk mandi atau sekadar berendam untuk para pengunjung.

Elang Jawa / Garuda Elang (spizeatus bartelsi), macan tutul, panthera pardus ditemukan. Surili (presbites aygula), lutung dan monyet. Lembah Cilengkrang, juga bisa dijadikan tempat perkemahan.

8 . Taman Purbakala Cipari



Desa Cipari, Kecamatan Cigugur adalah salah satu tempat di mana peninggalan budaya prasejarah ditemukan di Kuningan, Jawa Barat. Selain Cipari, setidaknya ada delapan tempat di sekitar kaki Gunung Ciremai yang memiliki peninggalan kolonial Megalitik, Klasik, Hindu-Budha, dan Belanda.

Area situs Taman Prasejarah Cipari adalah 6.364 meter persegi. Artefak, yaitu kuburan batu, gerabah, gelang batu, beliung persegi, kapak dan manik-manik perunggu ditemukan pada beberapa penggalian.

Berdasarkan temuan ini, situs ini diperkirakan berasal dari periode perundagian (paleometalik atau perunggu-besi) yang masih melanjutkan tradisi megalitik, sekitar tahun 1.000 / 500 SM. Pada saat itu masyarakat sudah terbiasa dengan penanaman dan organisasi yang baik.

Meskipun artefak ditemukan, temuan ini tidak dapat menjelaskan siapa yang dimakamkan di tiga makam batu dan apa karakteristik fisik mereka, selain yang diperkirakan sebagai pemimpin masyarakat.


Situs Taman Arkeologi Cipari terletak di Desa Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Terletak di daerah perbukitan dengan ketinggian 661 meter di atas permukaan laut, di kaki Gunung Ciremai timur dan barat kota Kuningan. 

9 .  The Mountain



Alamat taman rekreasi gunung kuningan ada di Jalan Raya Cirendang, Gunungkeling, Cigugur, Kabupaten Kuningan.Kehadiran The Mountain Recration Park sebagai kawasan wisata yang terintegrasi dan terintegrasi dengan alam. Objek wisata di Kabupaten Kuningan ini lebih kepada konsep one stop shopping. Di tempat wisata air ini, setiap pengunjung yang masuk objek wisata ini akan mendapatkan semua fasilitas wisata.

Selain berbagai wahana kendaraan liburan, gunung Waterboom yang terletak di kompleks perumahan pesona alam, memiliki beberapa area yang dapat menunjang kenyamanan pengunjung, terutama mereka yang membawa serta keluarga atau kelompok sekolah. Para pengunjung yang datang dari jauh juga dimanjakan dengan fasilitas gazebo yang disediakan, cottage, untuk mereka.


Game lain yang tersedia di sini termasuk kora-kora, kereta mini, anting-anting ontang, korsel, dan lainnya. Direncanakan ke depan akan ada lebih banyak program dan fasilitas objek wisata yang akan disediakan. Rencananya tempat ini adalah menyediakan fasilitas restoran.

10 . Alam Linggar Jati



Selain panorama alam yang indah Taman Alam Linggarjati memiliki udara yang sejuk dan segar. 
Aktivitas pariwisata yang ada di luar kawasan hutan lindung dan pelestarian alam adalah Cibulan. Kegiatan wisata alam yang bisa dilakukan antara lain menikmati keindahan alam, memancing, berenang dan lainnya. Fasilitas pengunjung dan infrastruktur manajemen yang ada meliputi penginapan (penginapan), tempat parkir, kolam renang, taman bermain anak-anak, loket tiket, tempat penampungan, pos jaga, jalan setapak, dan toilet.


Tempat ini memiliki pemandangan panorama atau pemandangan alam yang indah dengan udara sejuk dan segar yang bisa membuat kita betah berlama-lama bersama orang-orang terkasih. Tidak jauh dari lokasi Taman Wisata Alam ini terdapat sebuah bangunan yang memiliki nilai sejarah, yaitu bangunan tempat diadakannya perjanjian Linggarjati antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Belanda yang memiliki daya tarik khusus. Di taman ini Anda bisa menikmati keindahan alam dan sekitarnya, Anda bisa memancing atau sekadar berenang.