Cara Membudidayakan Anggrek Jenis Dendrobium

Cara Membudidayakan Anggrek Jenis Dendrobium

1. Syarat Tumbuh Anggrek Dendrobium
Anggrek Dendrobium sangat membutuhkan sinar matahari sebagaimana tanaman lain yang berhijau daun. Sedangkan untuk temperatur sendiri, pertumbuhan dari Anggrek Dendrobium umumnya sekitar 15 derajat celcius dimalam hari dan 25-27 derajat celcius disiang hari dengan kelembaban udara mencapai 60-70 persen.

2. Bibit Anggrek Dendrobium
Bibit Anggrek Dendrobium yang diperjualbelikan biasanya ada 4 macam yakni dalam botol, bibit kompot (komoditi pot), bibit didalam bentuk tanaman muda dan juga bibit dalam bentuk tanaman tua.

3. Persiapan Media Anggrek Dendrobium
Media yang akan digunakan dalam penanaman Anggrek Dendrobium ini pada umumnya terdiri atas papan pakis ataupun pakis cacah, sabut kelapa yang sudah tua ataupun arang kayu. Tahapan pertama, siapkan pot yang telah dibersihkan dari lumut atau yang ukurannya telah disesuaikan, kedua, masukkan pecahan genteng sepertiga dari bagian pot lalu atasnya dimasukkan sepertiga dari arang kayu dan diatas sekali masukkan potongan pakis, dan pot siap untuk ditanami.

4. Penanaman Anggrek Dendrobium
Cara tanam Anggrek Dendrobium berbeda - beda tiap jenisnya tergantung dari tipe dan juga macam bibitnya.

5. Penempatan Tanaman Anggrek Dendrobium
Setelah melakukan penanaman, Anggrek Dendrobium dalam pot dapat diganung secara sendiri - sendiri atau juga bisa ditaruh diatas rak. Penempatan Anggrek Dendrobium dapat diruangan yang tertutup dan juga ruangan setengah terbuka dimana diatasnya diberi peneduh seperti belahan bambu, kasa, kaca atau yang lainnya, sedangkan untuk sisinya dibiarkan terbuka.

6. Pemberian Vitamin Anggrek Dendrobium
Pemberian vitamin pada Anggrek Dendrobium menggunakan vitamin B1 yang dikombinasikan dengan pupuk majemuk cair mamigro akan memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap pertumbuhan akar, batang dan daun.

7. Panen Anggrek Dendrobium
Jika dilihat dari bentuk yang ada dipasaran, makan Anggrek Dendrobium dapat dipanen ketika bentuk tanaman muda karena dapat digunakan sebagai bibit, tanaman dewasa jika dijadikan tanaman hias dan bunga potong. Untuk tanaman muda sendiri bibit biasa djual dalam bentuk kompot yang dipisahkan oleh pot kecil berdiamter 6-8 cm. Dan tanaman dewasa biasanya tanaman yang telah berbunga. Untuk bunga potong, sebaiknya dipilih tangkai yang berupa bunganya telah mekar 1-3 kuntum. Pemotongan dilakukan dijarak sekitar 2 cm dari pangkal pantai menggunakan gunting stek yang telah dibasuh dengan menggunakan alkohol.

Demikian informasi mengenai tata cara membudidayakan Anggrek jenis Dendrobium. Untuk mendapatkan informasi lainnya, silahkan berkunjung ke blog kunetizen.com, semoga bermanfaat.