Cara Membudidayakan Tanaman Anggrek dengan Benar

Cara Membudidayakan Tanaman Anggrek dengan Benar

Cara Budidaya Tanaman Anggrek - Bagi anda yang mau menanam tanaman anggrek berikut adalah tekniknya yang mungkin bisa menjadi tambahan referensi anda!!

1. Jenis Tanaman
Jenis anggrek yang terdapat di Indonesia termasuk jenis yang indah antara lain: Vanda tricolor terdapat di Jawa Barat & di Kaliurang, Vanda hookeriana, berwarna ungu berbintik-bintik berasal dari Sumatera, anggrek larat / Dendariobium phalaenopis, anggrek bulan / Phalaenopsisamabilis, anggrek Apple Blossom, anggrek Paphiopedilun praestans yang berasal dari Irian Jaya serta anggrek Paphiopedilun glaucophyllum yang berasal dari Jawa Tengah.Tanaman anggrek dapat dibedakan berdasarkan sifat hidupnya.

2. Manfaat Tanaman
Manfaat utama tanaman ini merupakan sebagai tanaman hias karena bunga anggrek memiliki keindahan, baunya yang khas. Selain itu juga anggrek bermanfaat sebagai campuran ramuan obat-obatan, materi minyak wangi / minyak rambut.

3. Pembibitan
Persyaratan Bibit : Bibit anggrek yang baik, bugar & unggul memiliki beberapa ciri, yaitu: bentuk batang kuat, pertumbuhan pesat, daun subur, bunga lebat & indah.
Penyebaran Biji : Bibit anggrek berasal dari biji yang disemaikan.

4. Teknik Penanaman
1. Anggrek Ephytis merupakan anggrek yang menupang pada batang/pohon lain tapi tidak merusak/merugikan yang ditumpangi atau ditempelin. Alat yang dipakai untuk menempel merupakan akarnya, sedangkan akar yang fungsinya untuk mencari makanan merupakan akar udara.
2. Anggrek semi Ephytis merupakan jenis anggrek yang menempel pada pohon/tanaman lain yang tidak merusak yang ditempel, cuma akar lekatnya juga berfungsi seperti akar udara yakni untuk mencari makanan untuk berkembang.
3. Anggrek tanah/anggrek terrestris.

5. Pemeliharaan Tanaman
1. Penjarangan & Penyulaman : Penjarangan & penyulaman dilakukan pada tempat yang disesuaikan dengan jenis anggrek, yang sifatnya epphytis atau anggrek tanah.
2. Penyiangan : untuk tanaman anggrek pada penyiangan pada waktu pada kondisi di dalam botol lalu dipisahkan ke dalam pot-pot yang sudah disediakan sesuai jenis anggrek.
3. Pemupukan : Unsur makro yakni unsur yang dibutuhkan dalam jumlah gede yang meliputi: C, H, O, N, S, P, K, Ca, Mg. untuk unsur mikro yakni unsur yang diperlukan dalam jumlah yang sedikit, antara lain: Cu, Zn, Mo, Mn, V, Sc, B, Si, dst. Unsur makro & unsur mikro dapat diambil dari udara atau dari tanah, berupa gas atau air & garam-garam yang terlarut di dalamnya.

Demikianlah informasi mengenai cara membudidayakan Tanaman Anggrek. Untuk mendapatkan informasi lainnya, silahkan untuk berkunjung ke blog kunetizen.com, semoga bermanfaat.