Pandai Besi "Kang Nandar" Taraju Kuningan | KUNETIZEN

Pandai Besi "Kang Nandar" Taraju Kuningan

Pandai Besi "Saung Kang Nandar" Taraju Kuningan


kunetizen.com - Kota kuningan selain terkenal akan keindahan alamnya, juga memiliki beberapa sentra produksi kerajinan Golok yang sudah terkenal ke seluruh Indonesia, salah satunya di Desa Taraju Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan Jawa Barat.


Para pandai besi di Desa Taraju ini secara rutin memproduksi perkakas pertanian, seperti golok, sabit, cangkul, linggis, pisau dan lain-lain.

Pada awalnya produksi golok Taraju ini hanya memasok di daerah cakupan Kuningan saja, namun saat ini produksi golok Taraju sudah mulai menyebar ke luar Kuningan, seperti Bandung, Banten, Brebes, Cirebon, Indramayu, Tegal, Sukabumi. bahkan sudah keluar Jawa seperti Sumatra hingga Kalimantan.

Pembuatan golok di Desa Taraju sudah turun temurun. Namun, tidak diketahui pasti kapan usaha ini pertama kali dikembangkan. Menurut cerita orang tua dulu keahlian ini di turunkan dari Ki Samandullah, bangsawan asal Cirebon sekitar abad ke-18.


Nah bagi sobat kunetizen yang ingin membeli golok ataupun perkakas pertanian lainnya, bisa langsung mendatangi salah satu pengrajin yang menurut mimin kualitasnya sudah terjamin dan dapat dipercaya.

Namanya Saung Kang Nandar asli dari Desa Taraju. Untuk pemesanan ataupun sekedar tanya2 sobat bisa langsung hubungi ke nomor : 0853-5123-1247.


Sekian dulu informasi dari kunetizen, untuk informasi lainnya silahkan kunjungi web kami. Semoga bermanfaat !!