Jenis Masker Yang Dapat Mencegah Corona Virus | KUNETIZEN

Jenis Masker Yang Dapat Mencegah Corona Virus



Jenis Masker Yang Dapat Mencegah Corona Virus

kunetizen.com - Covid-19 hingga saat ini sudah menyebar ke 17 negara-negara tetangga. Hilangnya nyawa yang disebabkan oleh virus Corona juga tidak sedikit dan terus tumbuh dalam jumlah. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kebersihan dan kesehatan diri kita sendiri untuk menghindari virus mematikan ini.
Selain menjadi mencuci tangan rajin dan kebersihan, penggunaan masker juga sangat penting untuk mencegah penyebaran virus corona. Berikut adalah lima jenis masker yang dapat digunakan untuk mencegah virus Corona.

1. Masker Bedah
Jenis pertama dari masker yang dapat mencegah virus Corona adalah masker bedah. Masker bedah adalah topeng yang paling umum dan dapat dengan mudah ditemukan di apotek atau toko belanja. masker bedah awalnya ditujukan untuk tenaga medis untuk pasien memperlakukan yang tidak terkena virus. Sekarang sebagai pecahnya Corona dari Wuhan, Cina, mengenakan masker bedah dianggap efektif untuk pencegahan.


Cara menggunakan masker bedah yang benar untuk mencegah virus Corona adalah dengan memposisikan bagian dari biru atau hijau di bagian luar dan putih di samping. Pastikan masker Anda sudah menutupi dagu, mulut, dan hidung. Masker ini bisa digunakan untuk menjaga terhadap tertular virus dan penyakit, dan sebaliknya. Bagi Anda yang sakit, Anda juga tidak akan lulus penyakit kepada orang lain.

Namun, jika dibandingkan dengan masker N95, masker masih kalah dengan kemampuan filter partikel. masker bedah juga hanya dimaksudkan untuk menjadi begitu sekali pakai yang setelah Anda selesai memakainya harus dibuang di tempat sampah.



2. Masker Motor
Jenis berikutnya masker untuk melindungi dari virus Corona adalah topeng dari motor. Seperti namanya, masker ini ditujukan untuk pengendara. Masker motor ini mampu menyaring debu dan polusi di jalan raya. Selain dapat mencegah pemakainya terkena virus berbahaya seperti Covid-19. Berbeda dengan masker bedah, masker motor memiliki semacam pengikat karet yang bisa disesuaikan sehingga lebih baik dapat menutupi hidung dan mulut pengguna erat.



3. Masker P95
Masker P95 juga diklasifikasikan sebagai salah satu masker yang dapat mencegah virus Corona. Berbeda dari masker tipe N, P95 masker memiliki keunggulan tersendiri. Selain mampu menyaring debu, virus, dan partikel berbahaya lainnya di udara, masker respirator dengan kode P juga mampu menyaring partikel dirilis mengandung minyak seperti bensin, solar, minyak tanah, cat dan minyak goreng.



P95 mask biasanya digunakan dalam seperti berminyak seperti pompa bensin, kilang minyak, pabrik farmasi, dapur, dan pabrik-pabrik yang proses minyak atau makanan yang digoreng. P95 masker dapat digunakan hingga 40 jam dalam jangka waktu 30 hari.