Bawang Merah Bahan Alami untuk Merawat Kesehatan Rambut | KUNETIZEN

Bawang Merah Bahan Alami untuk Merawat Kesehatan Rambut


Bawang Merah Bahan Alami untuk Merawat Kesehatan Rambut



Kunetizen.com : Memiliki rambut yang indah dan sehat merupakan keinginan semua orang terutama bagi wanita, bagi wanita rambut merupakan mahkota yang penting untuk dijaga keindahannya, namun mahalnya biaya perawatan, padatnya aktifitas dan pekerjaan, seringkali menjadi penghambat untuk dapat rutin merawat rambut sehingga rambut yang indah dan sehat pun hanya berupa sebuah keinginan belaka. Kesibukan aktivitas membuat banyak orang seringkali mengabaikan kebutuhan dirinya, termasuk kebutuhan untuk menjaga kesehatan rambut. Padatnya rutinitas dari pagi hingga sore, membuat badan terlalu lelah saat malam hari sehingga tidak sempat untuk melakukan perawatan.


Banyaknya produk-produk untuk merawat rambut pun seringkali malah membuat rambut menjadi rusak karena kandungan zat kimia yang terkandung didalamnya yang tidak selalu cocok untuk semua jenis rambut. Oleh karena itu, saatnya beralih menggunakan bahan alami yang tentunya lebih aman dan tidak diragukan khasiatnya.

Bawang merah merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat rambut dengan berbagai kandungan senyawa luar biasa di dalamnya. Bukan hanya sebagai bahan olahan masakan dan bumbu, simak  berbagai manfaat bawang merah bagi rambut, diantaranya:

1.Mengatasi rasa gatal di kulit kepala
Rasa gatal di kulit kepala dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penggunaan hijab atau helm, terlalu lama dibawah sinar matahari langsung, ketombe, bahkan kutu rambut. Hal ini tentu saja sangat mengganggu aktivitas dan mengganggu kenyamanan. Tetapi, tidak perlu khawatir, rasa gatal ini dapat diredakan hanya dengan cara mengoleskan bawang merah yang sudah dihaluskan ke permukaan kulit kepala, oleskan secara merata pada kulit. Untuk hasil yang lebih masksimal, oleskan bawang merah dua kali dalam sehari, diamkan, lalu bilas dengan menggunakan air mengalir dan shampo, rasa gatal pun teratasi dengan mudah.


Baca juga Di sini:

Bawang  Merah Mengingkatkan Antibodi dan Menyembuhkan Berbagai Gangguan Kesehatan

2.Mencegah kerontokan rambut
Rambut rontok merupakan masalah yang dialami oleh banyak orang, terutama bagi wanita dan bagi sebagian pria.  Kerontokan rambut dapat disebabkan karena rapuhnya rambut, rambut yang bercabang, sehingga mudah patah dan terjadi kerontokan, juga dapat disebabkan karena penggunaan produk rambut yang tidak sesuai untuk jenis rambut, perawatan rambut yang tidak sesuai pun dapat menjadi penyebabnya.
Bawang merah dapat menjadi solusinya, dengan senyawa sulfur yang terkandung didalam bawang merah, senyawa ini dapat berkhasiat untuk menguatkan keratin rambut sehingga akar rambut menjadi lebih kuat dan rambut pun tidak mudah patah. Kandungan vitamin C, E, dan A dalam bawang merah juga mampu menguatkan batang rambut sehingga rambut tidak mudah bercabang dan tidak mudah patah karena lebih kuat.


3.Membuat kulit kepala lebih sehat
Selain mengurangi dan mengatasi rasa gatal padakuli kepala, bawang merah juga mampu membuat kulit kepala menjadi lebih sehat. Di dalam bawang merah terkandung protein baik yang sangat berkhasiat menyehatkan kulit kepala. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan rutin mencuci rambut minimal setiap dua hari sekali. Dengan kulit kepala yang selalu dijaga kebersihannya, akan menghindarkan kulit kepala dari berbagai penyakit seperti datangnya ketombe, datangnya kutu rambut, borok pada kulit kepla dan lain sebagainya yang tentunya sangat tidak diinginkan.

4.Mengatasi masalah ketombe
Mengatasi ketombe dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan menggunakan bawang merah. Senyawa sulfur dan kandungan vitamin C didalamnya dapat secara efektif membersihkan ketombe dari kulit kepala, sehingga gatal pada kulit kepala dapat berkurang, dan percaya diri pun meningkat. Perlu untuk diketahui, bahwa ketombe dapat disebakan oleh beberapa hal seperti paparan debu dan polusi, kotoran yang menumpuk karena malas mencuci rambut, produksi minyak yang berlebih pada kulit kepala hingga penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok. Sehingga perlu juga untuk senantiasa menjaga kebersihan rambut dan memilah kembali produk perawatan rambut yang akan digunakan.

5.Mengatasi rambut berminyak dan lepek
Tentu tidak ada yang menginginkan untuk beraktivitas dengan rambut yang lepek, karena dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri dan rasa tidak nyaman pada rambut. Rambut lepek dapat disebabkan karena produksi minyak yang berlebih, atau terlalu sering terkena debu dan kotoran tetapi malas membersihkan rambut sehingga kotoran pun menumpuk dan rambut menjadi lepek. 

Inilah manfaat selanjutnya dari penggunaan bawang merah, bawang merah secara efektif mampu mengangkat dan menyerap minyak yang ada pada rambut dan kulit kepala, tanpa membuat rambut dan kulit kepala menjadi kering meskipun minyaknya terangkat. Sehingga, rambut lepek pun teratasi dengan bawang merah yang telah menyerap minyak yang menjadi pemicunya.


6.Mampu menutrisi rambut
Meski shampo dan produk perawatan kesehatan rambut lainnya mengandung bahan-bahan untuk menutrisi rambut, belum tentu bahan-bahan kimia itu cukup untuk menutrisi rambut dan menjadikan rambut lebih sehat. Manfaat bawang merah yang selanjutnya adalah menutrisi rambut. Kurangnya nutrisi dalam rambut dapat menyebabkan rambut mudah rontok, bercabang, dan kusam. Aplikasikan bawang merah sebagai masker rambut, maka rambut pun akan kembali berkilau dan semakin sehat.

7.Mengatasi infeksi pada kulit kepala
Penyumbatan kulit kepala oleh debu dan kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori pada kulit kepala, hal inilah yang memicu terjadinya berbagai infeksi dengan cara membuka pori-pori polikel rambut yang tersumbat dan membersihkannya secara alami. Caranya aadalah dengan mengaplikasikan bawang merah yang telah dihaluskan pada rambut dan kulit kepala. Cara ini pun sekaligus dapat mencegah peradangan dan infeksi yang terjadi pada kulit kepala disebabkan karena sifat antibakterinya.


8.Menyuburkan dan menebalkan rambut
Siapa yang tidak menginginkan rambut yang tebal dan sehat, hanya dengan masker rambut bawang merah rambut yang tebal dan sehat pun didapatkan. Kandungan vitamin A, C, E, dan Sulfur di dalamnya, membuat rambut ternutrisi secara optimal sehingga rambut pun dapat tumbuh lebih subur dan tebal. Kandungan Sulfur atau belarang dalam bawang merah pun secara efektif dapat melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala, sehingga dapat merangsang tumbuhnya rambut baru dengan cepat. 
Penumbuhan rambut dengan bawang merah bukan hanya alami tetapi cara ini menjadikan tidak terjadinya penumpukan bahan kimia pada rambut karena terlalu banyak menggunakan produk-produk perawatan rambut, melainkan merangsang tumbuhnya rambut baru dengan cepat dan menjaga kekuatan rambut untuk tidak mudah patah.

Itulah beberapa manfaat bawang merah bagi kesehatan kulit kepala dan kecantikan rambut yang dapat diaplikasikan pada berbagai permasalahan kulit kepala dan rambut. Hanya dengan bawang merah, tanpa perlu repot-repot perawatan ke salon dan mencoba berbagai produk kimia yang belum tentu sesuai dengan jenis rambut, rambut sehat dan indah pun sudah didapatkan. Rutin mengaplikasikan bawang merah pada kulit kepala dan rambut sehingga hasilnya cepat didapatkan, dibutuhkan ketelatenan dan kedisiplinan karena bawang merah merupakan bahan alami sehingga memerlukan proses dan kesabaran  untuk terlihat hasilnya.